6 Cara Meningkatkan Kepercayaan Customer

Cara meningkatkan Customer

6 Cara Meningkatkan Kepercayaan Customer

 

Customer menjadi bagian terpenting dari sebuah strategi marketing. Hal ini karena customerlah pemegang kunci penjualan dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut sehingga cara meningkatkan kepercayaan customer kerap menjadi perbincangan hangat di kalangan marketer ataupun manajemen.

 

Mengapa harus kepercayaan? Dampak yang dihasilkan dari sebuah kepercayaan memang sangatlah tinggi. Bayangkan perbedaan yang dihasilkan dari orang yang percaya bahwa produk yang kamu jual berkualitas dengan orang yang tidak percaya terhadap eksistensi produkmu. Sangat berbeda bukan dampaknya?

 

Inilah Cara Meningkatkan Kepercayaan Customer

Mungkin selama ini kamu bingung, bagaimana cara paling efektif untuk meningkatkan kepercayaan para klien terhadap bisnismu. Terlebih kepercayaan merupakan suatu hal yang terkadang sulit terukur tetapi bisa dilihat dengan jelas keberadaannya. Berikut ini beberapa cara meningkatkan kepercayaan yang bisa kamu aplikasikan.

 

1. Kemas Produk dengan Sebagus Mungkin

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengemas produk melalui tampilan sebagus mungkin. Pengemasan ini tidak sederhana hanya dari packaging produk saja, tetapi juga bisa dari tampilan website atau katalog produk. Buatlah konsep tampilan yang elegan dan sesuai dengan jenis produkmu.

 

Saat tampilan website atau katalog produkmu tampak elegan, customer akan menyimpulkan bahwa perusahaanmu memang sangat totalitas, bahkan dari segi pengemasan produk saja. Pastikan kamu menggunakan desain dan warna yang sesuai dengan branding perusahaan agar menciptakan bounding yang lebih erat.

 

2. Ekspose Sebanyak-banyaknya Perusahaan Kamu

Cara meningkatkan kepercayaan customer yang kedua bisa dilakukan dengan aktif mengekspose kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Customer yang tidak pernah tahu seperti apa produk yang kamu jual pasti membutuhkan portofoliomu dan bagi mereka yang sudah paham dengan produkmu akan semakin diyakinkan melalui keberadaan foto-foto aktivitas perusahaan.

 

Kamu bisa membuat media sosial khusus seperti IG, FB, dan sebagainya lalu memposting segala kegiatan perusahaan di sana. Pastikan untuk memilih foto-foto yang bagus dan memposting kegiatan yang keren. Tambahkan juga caption yang menimbulkan keinteraktivan bersama customer.

 

3. Perbanyak Komunikasi

Memperbanyak komunikasi dengan para customer bisa menjadi salah satu cara menambah kepercayaan customer. Dalam hal ini kamu bisa membuka ruang konsultasi semacam diskusi ringan mengenai permasalahan yang mereka miliki. Lalu berikan solusi terbaik yang relevan dengan produkmu kepada customer tersebut.

 

Dalam berkomunikasi tidak boleh sekadar ngobrol biasa, perlu ilmu, empati, dan juga ketulusan agar apa yang dibicarakan bisa menyentuh hati para customer. Kamu juga harus bisa menjadi pendengar yang baik agar para customer dapat tumbuh rasa kenyamanan ketika berinteraksi bersamamu.

 

4. Berikan Kualitas di Atas Harapan

Mungkin selama ini kamu merasa customer sudah cukup puas dengan produk yang ada, tetapi bisa jadi anggapanmu salah. Bisa saja customer sedikit demi sedikit memiliki keraguan pada produk yang kamu hasilkan dan lama-lama ketika menemukan produk sama dengan kualitas lebih bagus, maka mereka akan berpindah hati.

 

Tentu kamu tidak ingin hal semacam itu terjadi bukan? Oleh karena itu cara meningkatkan kepercayaan customer bisa dilakukan dengan memberikan kualitas di atas harapan mereka. Singkatnya, dengan kualitas produk saat ini saja mereka sudah mau membeli, tentu bila lebih ditingkatkan lagi akan terjadi repeat order yang dahsyad.

5. Mintalah Kritik dan Saran

Sekali lagi, customer menjadi bagian penting yang membuat bisnismu terus naik sehingga dibutuhkan juga kritik dan saran dari mereka. Nantinya, banyak sekali keuntungan yang bisa kamu peroleh seperti detail kebutuhan mereka, apa yang diinginkan, dan apa yang harus ditinjau ulang oleh perusahaan untuk menyenangkan hati para customer.

 

Untuk itu, kamu harus selalu mendengarkan kritik dan saran dari mereka secara terbuka. Jangan sampai mereka merasa tidak dianggap atau bahkan diabaikan. Kamu bisa melakukan cara meningkatkan kepercayaan customer ini dengan menyediakan kolom kritik dan saran di website, media sosial, atau portal-portal lainnya.

 

6. Memiliki Buku

Memiliki buku? Ya benar. Kamu bisa meningkatkan kepercayaan customer cepat dengan memiliki buku. Buku akan menjadi jembatan bagi perusahaan dan customer untuk saling mengenal satu sama lain. Dengan buku, perusahaanmu juga bisa membentuk personal branding yang elegan.

 

Buku merupakan media yang ekslusif, elegan, dan berbobot. Kamu bisa memperkenalkan perusahaan, menceritakan sejarahnya, sampai membeberkan kelebihan produk tanpa perlu khawatir dianggap terlalu vulgar. Jika tidak ada waktu untuk menulis, kamu bisa menggunakan jasa ghostwriter berkelas.

 

Itulah beberapa poin penting yang masuk dalam cara meningkatkan kepercayaan customer. Sekali lagi, customer menjadi bagian penting yang harus terus dirawat, diperhatikan, dan dijaga. Jangan sampai customer kamu berpindah hati karena kurang percaya atau kurang puas dengan pelayanan yang kamu berikan.

Bagikan Ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top