Mengambil Inspirasi dari Pengusaha Milenial

Inspirasi-Dari-Pengusaha-Milenial
Inspirasi Dari Pengusaha Milenial

Berdiri di kaki sendiri untuk menjadi sukses adalah prestasi yang sangat membanggakan. Hidup dalam situasi keuangan yang lebih stabil tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun nyatanya, masih banyak generasi milenial di masyarakat yang mengeluhkan pekerjaannya. inilah mengapa kita perlu mengulik kisah para pegusaha sebagai inspirasi kita dari para pengusaha muda yang telah mendunia.

Teknologi terus berkembang pesat, antara lain karena generasi milenial memiliki minat yang kuat terhadap teknologi. Dengan kemajuan teknologi, mereka memiliki akses ke banyak informasi. Kemudian dari situ para pengusaha muda Indonesia yang sukses memanfaatkannya sebagai solusi untuk menciptakan segala macam inovasi, salah satunya adalah memulai bisnis. 

  • Mengulik Inspirasi dari Pengusaha Muda

Menjadi pengusaha sukses di usia muda memang tidak mudah. Untuk menjadi sukses, banyak hal yang harus dilakukan, dibutuhkan, dan dikorbankan. Nah, untuk menjadi seorang pengusaha milenial dengan mental yang sukses, ada baiknya kita banyak belajar dari pengusaha-pengusaha muda yang telah sukses di bisnis yang mereka bangun. Kali ini kita akan sedikit berbagi tentang beberapa kisah inspiratif dari pengusaha-pengusaha muda Indonesia yang cemerlang dalam bisnisnya. Let’s check it out!

  • Nadiem Makarim

Kisah pertama yang bisa menjadi inspirasi dari pebisnis muda adalah kisah Nadiem Makarim. Pria 34 tahun ini meraup untung berkat bisnis ojek online bernama GoJek. Sebelum mendirikan GoJek, pria kelahiran  Juli 1984 ini pertama kali bekerja di  perusahaan konsultan Mckinsey and Company, direktur editorial di Zalora Indonesia dan terakhir sebagai Chief Innovation Officer di Kartuku.

Dengan keinginan untuk sukses lebih jauh, pada tahun 2015, Nadiem kemudian mendirikan PT GoJek Indonesia, penyedia layanan transportasi ojek online. Pendirian perusahaan ini awalnya dilatarbelakangi masalah utama penyedia jasa ojek di Indonesia yang kinerjanya kurang baik karena kesulitan dalam mengangkut penumpang. Meski diremehkan karena ide bisnisnya tidak masuk akal dan dibenci banyak orang, Nadiem tetap ngotot memperjuangkan kesuksesan.

  • Ahmad Zaky

Bagi yang suka belanja online pasti tahu situs belanja online yang satu ini. BukaLapak adalah salah satu situs jual beli online terbesar di Indonesia yang didirikan oleh Ahmad Zaky. Berkat ketertarikannya dan ketekunannya itu kini membuahkan hasil, yang telah membantunya menjadi pengusaha sukses dan menjadi inspirator pebisnis muda yang lain. 

Meski berdiri pada 2010, perjalanan BukaLapak tidak semudah yang dibayangkan orang. Saat pertama kali muncul, masyarakat belum terbiasa dengan jual beli online sehingga tingkat kepercayaan masyarakat sangat rendah. Sedikit demi sedikit, berkat kegigihan pemilik kelahiran 2 Agustus 1986, BukaLapak.com dikenal banyak orang dan banyak menerima  investasi dari dalam dan luar negeri. 

  • William Tanuwijaya

Mungkin sebagian dari kita belum tahu siapa William Tanuwijaya, tapi tahu tentang situs e-commerce Tokopedia.com. William Tanuwijaya merupakan pendiri situs jual-beli Tokopedia.com. Pria kelahiran 11 November 1981 ini adalah seorang anak daerah yang merantau ke ibukota setelah lulus SMA dan meneruskan pendidikan sarjananya di Jakarta.

Langkah William menjadi pengusaha sukses tidaklah mudah. Dia bahkan bekerja sebagai pelayan warnet untuk mendapatkan uang tambahan. Dari menjaga warnet inilah, dia mengenal dunia internet secara lebih dalam. Setelah menjadi penjaga warnet, William bekerja di beberapa perusahaan software dan game developer. Dari berbagai macam pengalamannya inilah, ia kemudian merintis Tokopedia.com pada tahun 2009. 

  • Hendy Setiono

Pria yang lahir pada 30 Maret 1983 merupakan pengusaha milenial paling inspiratif selanjutnya. Hendy awalnya memperoleh ide usaha kuliner Timur Tengah saat dirinya sedang berkunjung ke Qatar. Dari ide ini, Hendy dan istrinya, yang saat itu hanya memiliki modal sekitar 4 juta Rupiah, memberanikan diri untuk membuka toko makanan.

Melihat antusiasme masyarakat, Hendy dan istrinya akhirnya mengembangkan bisnis Kebab Baba Rafi dengan sistem franchise. Melalui sistem ini ternyata hasil Hendy sangat bagus bahkan dalam waktu kurang dari setahun franchise Baba Rafi Kebab banyak dicari oleh para pengusaha muda lainnya. Maklum, sejauh ini brand Kebab Baba Rafi sudah merambah ke beberapa negara tetangga, yaitu Malaysia, Filipina, Sri Lanka, dan China.

  • Reza Nurhilman

Namanya mungkin terdengar asing bagi kita. Tapi perusahaan yang dia jalankan tidak sering menjadi bahan diskusi publik. Anda pasti tahu keripik pedas yang dijual dengan nama Maicih. Benar, Reza Nurhilman adalah orang di balik kesuksesan kripik pedas ini. Dia adalah salah satu dari sekian banyak pebisnis muda yang menginspirasi pebisnis lain. 

Pria kelahiran 29 September 1987 ini memulai bisnis kentang goreng pedas pada 2010, saat berusia 23 tahun. Awalnya, kripik lokal Bandung ini hanya dipasarkan di jejaring sosial Twitter. Namun lambat laun, ia kemudian membentuk jaringan agen agar produknya bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas. Meski perusahaannya sudah lama berdiri, nama Maicih masih menjadi salah satu kripik pedas favorit banyak orang.

  • Bekal Menjadi Pengusaha yang Sukses

Menjadi seorang pengusaha muda tentu saja perlu mempersiapkan banyak hal sebelum memulai langkah awal merintis bisnis. Bukan hanya soal modal, tetapi mental juga perlu disiapkan untuk menjadi pengusaha muda, terlebih pengusaha muda yang sukses. Kita perlu motivasi dan inspirasi tambahan dari luar diri kita. Apa saja sih kira-kira yang perlu kita siapkan untuk menjadi pengusaha yang sukses?

  • Mulailah dengan Sebuah Mimpi

Salah satu inspriasi dari pebisnis millennial yang bisa kita contoh adalah berani bermimpi karena mimpi adalah awal dari segala hal besar yang akan terjadi. Banyak orang takut  bermimpi. Terkadang impian kita dipandang terlalu ambisius, tidak realistis, dan tidak sesuai dengan kondisi saat ini. Namun perlu kita ketahui bahwa memiliki  mimpi yang besar bukanlah hal yang buruk. 

  • Memilih Usaha Sesuai Passion

Menjalankan bisnis yang sesuai dengan minat Anda pasti akan membuat Anda tetap bersemangat dan  termotivasi. Jika kita memulai bisnis yang tidak sesuai dengan passion kita, lambat laun kita akan kehilangan semangat untuk menjalankannya. Oleh karena itu, tentukan mulai sekarang apa kelebihan dan minat yang bisa kita tuangkan dalam bentuk bisnis.

  • Manfaatkan Media Sosial

Hal selanjutnya yang perlu kita contoh dari konsep wirausahawan muda adalah memanfaatkan jejaring sosial. Peran media sosial saat ini sangat berpengaruh, termasuk dalam dunia bisnis. Potensi yang luar biasa ini tentunya sangat bagus jika digunakan dalam strategi trading kita. Media sosial dapat digunakan sebagai ajang promosi produk, diskon dan rabat, serta teknik pemasaran menarik lainnya.

  • Berani Ambil Risiko

Berbagai risiko yang akan kita hadapi dalam  bisnis bukan berarti sebuah halangan. Kita harus mampu mengelola risiko ini sehingga meminimalkan kemungkinan kehilangan bisnis. Kemunduran yang dihadapi pasti membuat kita lebih kuat. Pengalaman kegagalan sebelumnya tentu merupakan aset penting ketika menghadapi masalah dan risiko serupa.

  • Mampu Mengelola Keuangan dengan Bijak

Hal terakhir dan paling penting yang bisa jadi inspirasi kita dari pebisnis muda dalam berbisnis adalah pengelolaan keuangan. Tidak ada pengusaha sukses yang pola keuangannya sembarangan, pastinya tertata rapi. Manajemen keuangan yang tepat akan membantu kita mengetahui pro dan kontra dari operasi bisnis. 

Salah satu cara mengelola keuangan dengan baik dapat dimulai dengan hal berikut:

  • Memisahkan keuangan pribadi dan profesional
  • Perencanaan keuangan
  • Memastikan semua uang masuk dan keluar dicatat setiap saat pembukuan
  • Selalu persiapkan laporan keuangan bisnis kita dengan cermat setiap bulan
  • Kelola hutang kita dengan benar
  • Tetap kendalikan arus kas bisnis kita

 

Tidak ada salahnya kita untuk mengambil inspirasi dari pengusaha muda meskipun mereka lebih muda dari kita. Pada dasarnya, sesuatu yang besar memerlukan perjuangan yang besar pula. Jadi, jangan pernah berkecil hati untuk menjadi sosok yang besar. Bagaimana? Tertarik menjadi pengusaha milenial tidak? Jika iya, mulailah dari sekarang atau tidak selamanya!

 

(Penulis: Muhamad Amir Aziz)

Bagikan Ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top