Pentingnya Membangun Personal Branding Pengusaha Sukses Melalui Sebuah Buku

Pentingnya Membangun Personal Branding Pengusaha Sukses Melalui Sebuah Buku

Pentingnya Membangun Personal Branding Pengusaha Sukses Melalui Sebuah Buku
Pentingnya Membangun Personal Branding Pengusaha Sukses Melalui Sebuah Buku

Membangun personal branding juga berarti membangun sebuah citra diri. Citra diri yang dimaksud seperti kepribadian, kemampuan, nilai hidup, hingga persepsi-persepsi yang tampak dalam pandangan orang sekitar. Dengan demikian, membangun personal branding yang baik merupakan hal penting bagi setiap orang. Manfaat dari membangun personal branding ini juga berbeda-beda bergantung berbagai faktor, seperti profesi. Misalnya saja seorang guru, melalui buku guru akan makin dipercaya tingkat pemahaman dalam bidang keilmuannya. Bisa juga sebagai penilaian untuk guru tersebut guna mengajukan kenaikan pangkat. Atau pada seorang abdi negara, dari sebuah buku bisa tampak hal apa saja yang harus dihadapi seorang abdi negara, apa tanggung jawabnya, dan bagaimana seseorang bisa menjadi abdi negara. Sementara pada pengusaha, manfaatnya tentu ingin menunjukkan personal branding pengusaha sukses di mata setiap orang yang melihatnya.

Membangun personal branding pebisnis sukses dapat dilakukan melalui banyak cara. Nah, di antara sekian banyak cara yang bisa dilakukan seorang pengusaha untuk membangun personal branding, terdapat satu cara yang bisa dilakukan melalui jalur yang mungkin belum banyak dilakukan oleh para pengusaha. Bahkan mungkin, tidak dianggap sebagai salah satu cara jitu untuk membangun personal branding. Padahal, cara tersebut memiliki banyak manfaat yang berpengaruh besar pada sosok pengusaha tersebut maupun pada usaha yang dijalankannya.

Memang cara apa sih yang digunakan itu? Caranya adalah dengan menulis sebuah buku.

Membentuk personal branding pengusaha sukses dengan menulis buku

Menulis buku adalah sebuah proses pengungkapan gagasan, pikiran, dan pengalaman dalam bentuk tertulis. Oleh karena pengungkapan dari isi pikiran, melalui sebuah buku akan tampak cerminan diri maupun citra diri dari sang penulis. Dengan demikian, tak salah bila disebutkan bahwa buku bisa menjadi wadah membangun personal branding.

Untuk seorang pengusaha, kira-kira apa ya manfaat personal branding yang dibangun melalui sebuah buku?

  1. Memperkuat relasi yang sudah terjalin

Pertama, memperkuat relasi yang sudah ada. Ketika kita menulis sebuah buku, kemudian membagi-bagikan buku tersebut kepada teman kita, partner bisnis, rekan komunitas, atau kenalan-kenalan lainnya, mereka akan merasa tersanjung dengan sikap kita. Mereka akan merasa diberikan sebuah hadiah istimewa, dianggap sebagai orang yang dekat dengan kita. Selain itu, mereka juga akan menganggap kita sebagai sosok pengusaha sukses yang profesional dan hebat karena sudah membuktikan kemampuan kita melalui hadirnya buku tersebut.

  1. Membangun banyak relasi baru 

Tidak hanya memperkuat relasi yang sudah ada, membangun personal branding melalui sebuah buku juga dapat membangun banyak relasi baru. Caranya, kurang lebih masih sama seperti sebelumnya, dengan membagikan buku tersebut. Namun, fokusnya di sini adalah membagikannya kepada orang baru, misal di acara seminar, pameran buku, maupun kegiatan lainnya. Dengan memberikan buku karya kita kepada orang baru, orang tersebut akan merasa terkesan dan takjub dengan pencapaian yang telah kita raih. Ia pun akan dengan senang hati berkenalan lebih lanjut dengan kita. Bahkan, kita bisa saja dianggap sebagai mentor bisnisnya.

  1. Buku dibaca oleh banyak orang

Ketiga, buku memiliki potensi untuk dibaca oleh banyak orang. Personal branding pengusaha hebat yang ditunjukkan melalui buku, akan menjangkau tidak hanya orang-orang dalam dunia bisnis yang sama, tapi juga bisa menjangkau banyak orang dari bisnis berbeda, bahkan juga dari luar dunia bisnis. Efek yang ditimbulkan bermacam-macam. Kita bisa memperoleh partner bisnis baru, investor, calon pebisnis yang menjadikan kita sebagai mentor, hingga memperoleh klien maupun konsumen baru. Dahsyat sekali kan efek personal branding melalui menulis buku?

Buku membangung banyak relasi baru

  1. Anggapan bahwa penulis pasti memiliki keahlian tertentu

Kesuksesan personal branding pengusaha melalui buku juga ditunjukkan dengan anggapan banyak orang bahwa kita memiliki keahlian yang mumpuni di  bidang usaha kita. Tidak hanya itu, kita pun bisa dianggap sebagai seorang yang multitalent karena selain menjadi seorang pengusaha yang profesional, kita juga mampu menjadi penulis yang hebat. Bahkan, bisa saja pada akhirnya penulis adalah profesi kedua kita selain menjadi seorang pengusaha. Dengan demikian, kita juga bisa memiliki dua sumber penghasilan dan lebih bebas secara finansial.

  1. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Melalui sebuah buku, kita dapat meningkatkan kepercayaan konsumen kepada kita. Kredibilitas kita dalam bidang usaha yang kita jalankan pun juga makin tinggi. Buku kita pun juga bisa menjadi wadah untuk mempromosikan produk maupun jasa dari usaha kita. Efek yang ditimbulkan ada dua. Pertama, meningkatkan loyalitas klien maupun konsumen kita. Klien maupun konsumen yang telah loyal bahkan tak segan-segan menawarkan produk kita kepada orang-orang sekitarnya, alias menjadi marketer gratis bagi kita. Efek kedua, klien atau konsumen yang baru akan membeli produk atau menggunakan jasa kita tidak akan ragu lagi dengan kita.

  1. Jendela informasi yang bisa dipertanggungjawabkan

Keuntungan membangun personal branding pengusaha maju melalui buku juga sebagai jendela informasi yang bisa dipertanggungjawabkan. Sumber informasi kini makin banyak dan mudah dijangkau dengan hadirnya media sosial, seperti Instagram, Facebook, YouTube, dan sebagainya. Media sosial sebenarnya memiliki peran besar dalam membangun personal branding. Media sosial juga mudah diakses dan cepat menyebarkan suatu informasi. Namun, kelemahan media sosial adalah kurang bisa dipertanggungjawabkan sumber informasinya. Hal ini karena ada banyak orang yang bisa menulis dengan bebas di media sosial, tanpa jelas dari mana mendapatkan informasinya maupun apa hubungan si penyebar informasi dengan informasi yang dibicarakan. Berbeda dengan buku yang sudah pasti memerlukan riset dan dikaji berulang kali sebelum diterbitkan dan sampai di tangan pembaca sehingga dapat diakui kefaktualannya.

  1. Bagian dari warisan peradaban untuk anak cucu

Selain sebagai personal branding, menulis buku sebenarnya juga bagian dari membangun warisan peradaban bagi anak cucu kita nanti. Melalui buku, segala hal tentang kita dan usaha yang dijalankan itu akan bisa menjadi sebuah catatan kisah atau perjalanan kita semasa hidup, menjadi sebuah kenang-kenangan bagi anak cucu kita. Buku tersebut juga bisa menjadi sebuah riwayat yang bisa dilihat generasi mendatang lainnya. Bahkan, dari buku yang kita terbitkan, bisa saja menjadi contoh atau ide bagi para generasi baru untuk mendirikan sebuah usaha. Bisa pula sebagai rujukan atau patokan mereka untuk memulai sebuah perubahan maupun pembaharuan di bidang bisnis yang kita geluti saat ini. 

Itulah beberapa manfaat personal branding pengusaha sukses yang muncul melalui buku. Keren sekali kan, hanya dari hal kecil seperti sebuah buku, ternyata kita telah memberikan dampak yang begitu besar, baik kepada orang sekitar maupun kepada generasi-generasi mendatang. Memang benar adanya bahwa hal besar itu sesungguhnya dimulai dari hal yang kecil. Jadi, jangan pernah remehkan hal sekecil apa pun yang kamu lakukan di dunia ini. Bisa jadi, hal itulah yang akan mengantarkanmu kepada kesuksesanmu di masa mendatang. Hal itu pulalah yang akan menjadi salah satu kebaikanmu yang akan terus mengalir hingga akhir waktu nanti.

Bagikan Ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top