4 Cara Menentukan Target Pembaca Biografi agar Banjir Pembaca
Jika Anda ingin menulis biografi seseorang, baik tokoh idola atau pahlawan maka salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah menentukan target pembaca biografi tersebut. Menentukan untuk siapa buku tersebut ditulis adalah hal penting, jika tidak maka akan berakibat tidak diliriknya buku itu oleh pembaca.
Nah, bagi Anda yang masih awam dalam dunia kepenulisan dan belum mengetahui apa itu target pembaca maka Anda harus memahaminya terlebih dulu. Secara singkat, target pembaca adalah sekelompok golongan tertentu, baik dari klasifikasi profesi atau usia yang menjadi tujuan dalam konten sebuah buku. Penentuan target pembaca dilakukan oleh penulis dengan berbagai macam pertimbangan.
Mengapa Menentukan Target Pembaca Penting?
Tujuan utama dari menentukan target pembaca biografi adalah agar buku tersebut dapat dipahami kontennya dengan sempurna, terutama pesan yang ingin disampaikan. Di sisi lain, faktor up selling juga menjadi salah satu alasan. Anda dapat membayangkan jika menulis buku tanpa mengetahui siapa yang akan membaca nantinya. Pasti akan menyulitkan dalam proses penulisan, baik dari bahasa yang digunakan atau konteks yang ingin disampaikan.
Cara Menentukan Target Pembaca
Cara menemukan target pembaca biografi sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu menyesuaikan siapa tokoh yang Anda angkat kisahnya. Setelah masalah tokoh tuntas maka selanjutnya adalah melakukan riset terkait kelompok yang memiliki ketertarikan dengan tokoh tersebut. Namun, hal ini juga bergantung pada seberapa terkenal tokoh tersebut. Jika yang Anda tulis kisahnya adalah seseorang yang tidak banyak dikenal maka hal itu juga sama sekali bukan masalah.
Apabila hal yang ingin di highlight dalam biografi tersebut hanya motivasi kehidupan maka Anda dapat menggunakan rentang usia untuk menentukan target pembaca, misalnya dalam rentang 20-40 tahun. Namun, jika pada buku tersebut juga membahas karier tokoh dan ingin menyoroti hal itu secara mendalam maka target pembaca dapat ditentukan linier dengan bidang karier tokoh. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa cara yang harus menentukan target pembaca biografi yang harus Anda tahu.
1. Melakukan Riset
Cara pertama dalam menentukan target pembaca biografi adalah melakukan riset. Anda dapat mencari buku-buku biografi yang sedang best seller dan mencoba membacanya. Dengan demikian, Anda mengetahui gaya bahasa yang digunakan dan dapat memprediksi dengan penulisan seperti itu, kelompok pembaca seperti apa yang disasar penulis.
Terlebih jika dalam melakukan riset Anda dapat mengetahui data rentang usia pembaca buku tersebut, hal itu akan semakin memudahkan Anda. Cara lain yaitu dengan melakukan survei mandiri, mengandalkan media sosial atau internet. Caranya cukup dengan membuat formulir online dan menyebarkan tautannya pada media sosial. Dengan demikian, setidaknya Anda mendapatkan gambaran data-data pembaca buku yang menjadi objek riset Anda.
2. Sesuaikan Ide dengan Kelompok Pembaca
Dalam menulis, pasti Anda memulainya dari sebuah ide dan gagasan yang menarik. Hal itu dapat Anda sesuaikan dengan kelompok pembaca tertentu. Agar lebih akurat Anda perlu untuk melakukan riset terlebih dulu. Misalnya, Anda menulis biografi seorang pebisnis sukses maka Anda perlu mengetahui siapa target pembaca biografi tersebut, sebut saja mahasiswa jurusan ilmu ekonomi bisnis.
Dengan demikian, Anda dapat menggunakan bahasa yang sesuai serta menyelipkan istilah-istilah teoritis dalam bidang bisnis. Berbeda jika Anda menulis buku biografi pebisnis yang dalam kontennya selain berisi riwayat hidup tokoh, juga berisi ilmu berbisnis untuk pemula maka harus berisi keterangan dari setiap istilah-istilah yang disampaikan.
3. Bertanya Langsung pada Tokoh Biografi yang Ditulis
Selanjutnya, jika memungkinkan untuk bertanya pada tokoh dalam biografi yang Anda tulis maka hal itu akan sangat membantu. Mengapa dikatakan jika memungkinkan? Alasannya karena tidak semua tokoh yang ditulis dapat ditemui atau dihubungi secara langsung. Namun, jika Anda berkesempatan untuk memperoleh informasi dari tokoh tersebut maka akan jauh lebih mudah dalam penulisan karena sudah mengetahui target pembacanya
4. Membaca Banyak Resensi Buku Serupa
Cara terakhir adalah dengan banyak membaca resensi buku biografi yang sudah terbit dan banyak terjual. Tujuannya tidak lain adalah mengetahui pasar pembaca dari biografi tersebut. Dengan membaca resensinya, Anda tidak hanya mengetahui tentang isi buku tapi juga dapat memperoleh informasi tentang siapa kira-kira pembaca yang menjadi segmentasi biografi tersebut. Jika sudah menemukan gambaran maka Anda sudah bisa melakukan proses pengerjaan buku biografi.
Itulah beberapa cara menentukan target pembaca biografi apabila Anda tertarik untuk menulisnya. Namun, bagi Anda yang justru ingin dituliskan kisah hidupnya maka dapat menggunakan jasa ghostwriter. Ghostwriter dapat membantu Anda menentukan segmentasi buku biografi milik Anda, selain itu Anda juga dapat berkonsultasi seputar penulisan buku dari awal hingga naskah buku tersebut tuntas. Tidak perlu khawatir ide Anda tidak tersampaikan karena Anda dapat meminta revisi. Untuk lebih lengkapnya kunjungi tautan berikut https://jasapenulisprofesional.com.