Apa Itu Branding Mengapa Branding Itu Penting dalam Bisnis
Halo, Guys! sudah pernah dengar istilah branding? Apa sih branding itu? Seberapa penting, sih, branding itu? Nah, kali ini kita akan sedikit membahas tentang branding dan kenapa branding itu penting dalam bisnis. Sebelum membahas lebih lanjut membahas tentang urgensi branding, kita harus mengetahui dulu definisi dari branding itu sendiri. Sudah siap? Let’s check it out!
-
Apa Sih Branding Itu?
Menurut Kotler (2009), branding merupakan nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau gabungan dari semua hal tersebut yang dibuat atau dilakuakn dengan maksud untuk menetapkan identitas barang, layanan, atau kelompok penjual untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing.
Jadi, branding adalah segala hal tentang identitas sebuah produk atau perusahaan yang dikenal oleh masyarakat. Bisa dikatakan juga bahwa branding merupakan salah satu strategi untuk mengenalkan produk atau perusahaan yang kita miliki. Selain itu, branding berguna untuk menarik pelanggan agar tertarik pada produk atau perusahaan yang kita miliki. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa branding itu penting dalam bisnis.
-
Urgensi Branding dalam Bisnis
Nah, setelah mengertahui definisi dari branding, selanjutnya kita membahas apa sih urgensi branding dalam bisnis? Branding selalu menjadi bagian penting dalam bisnis, terlebih saat ini media sosial menjadi media yang sangat berpengaruh dalam kehidupan kita, terutama dalam hal penyebaran informasi. Berikut ini adalah poin pentingnya branding dalam bisnis.
-
Untuk Mengenalkan Produk Atau Perusahaan
Alasan terpenting kenapa branding penting dalam bisnis adalah karena itu adalah bagaimana cara kita mengenalkan produk atau perusahaan kita pada masyarakat luas. Logo atau nama produk atau perusahaan menjadi elemen terpenting dalam branding. Kenapa? Itu karena sebuah bisnis akan terlihat profesional, kuat, terpercaya, dan mudah dikenal oleh masyarakat luas.
-
Untuk Meningkatkan Nilai Bisnis
Branding yang bagus menjadi sangat penting untuk bisnis dalam jangka panjang. Brand yang kuat dapat meningkatkan nilai bisnis dengan membuat bisnis itu lebih berpengaruh . Tentunya, citra positif yang melekat pada sebuah bisnis akan membuka peluang investasi yang luar biasa karena sudah mendapat grade yang tinggi di pasar jualnya.
-
Untuk Menghasilkan Pelanggan Baru
Ini salah satu poin kenapa branding itu penting dalam bisnis, dengan memiliki branding yang cemerlang, kita tidak akan menemui kesulitan yang berarti ketika kita meyakinkan calon kosumen. Pelanggan tidak akan berpikir dua kalo untuk membeli produk yang kita tawarkan.
-
Untuk Menjadi Pembeda dari Kompetitor
Produk atau perusahaan yang kita miliki harus memiliki ciri khas, tentunya ciri khas ini bisa dibangun mealui branding yang kita lakukan terhadap produk atau perusahaan kita. Jika perusahaan yang kita miliki sudah memiliki citra diri yang khas, tentunya pelanggan tidak akan salah pilih dan mudah mengingat produk kita dengan produk yang lain.
-
Untuk Mendukung Efektivitas Iklan
Periklanan merupakan komponen yang penting selain branding yang harus dimiliki oleh sebuah produk atau perusahaan. Nah, dengan adanya branding, periklanan sebuah produk akan bisa lebih maksimal karena jika branding sudah dilakukan dengan baik dan menarik, perikalanan akan mudah diterima oleh masyarakat sehingga produk akan lebih mudah dipasarkan.
Nah, itulah beberapa poin penting tentang urgensi branding dalam bisnis. Dari sini kita bisa menilai bahwa branding dalam bisnis merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap sebuah produk atau perusahaan, baik itu dalam bentuk strateginya maupun dalam bentuk pemasarannya.
-
Elemen Branding
Setelah kita mengetahui pentingnya branding dalam bisnis, tentunya kita sudah bisa memperkirakan bagaimana branding dan strategi yang akan kita gunakan untuk produk atau perusahaan kita. Nah, pada bagian ini kami sediakan beberapa elemen branding yang bisa dijadikan referensi untuk membentuk sebuah branding. Apa aja, sih? Let’s check it out!
-
Nama Merek
Setiap produk atau perusahaan pastinya memiliki identitas agar mudah dikenal dan mudah dipasarkan. Nah, nama ini menjadi salah satu elemen yang tidak bisa ditinggalkan dalam proses branding sebuah produk atau perusahaan. Mengapa? Agar memiliki identitas asli dan tidak tertukar dengan produk atau perusahaan lain.
-
Logo
Selain nama merek, logo juga merupakan elemen penting dalam branding. Logo ibarat sebuah simbol yang menjadi bagian dari identitas merek kita. Secara tidak langsung, logo akan menjadi corong yang mengomunikasikan produk atau perusahaan kita. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa branding itu penting dalam bisnis.
Sebelum kita membuat logo, penting untuk memikirkan tentang apa misi merek dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Selain itu, estetikanya juga harus diperhatikan. Jika desain sebuah logo itu tidak menarik dan ketinggalan zaman, image merek kita pasti jadi kurang bagus juga di masyarakat.
-
Tagline
Ini juga seringkali disebut dengan slogan. Biasanya bentuk dari slogan ini informatif, mewakili merek, dan mudah diingat. Mengapa slogan menjadi elemen dari branding? Karena ketika nanti kita melakukan proses branding, kita tidak kekurangan ciri khas untuk produk yang kita tawarkan yang nantinya slogan inilah yang akan diingat oleh pelanggan. Jadi, usahakan membuat slogan atau tagline yang semeranik dan seunik mungkin.
-
Tipografi
Hal lain yang penting dalam proses branding adalah tipografi atau gaya penulisan brand yang kita miliki. Penulisan brand yang unik akan menjadi ciri khas untuk produk kita. Selain itu, font yang kita gunakan pada setiap materi pemasaran juga harus mencerminkan konsep atau value dari merek. Apakah kita ingin menonjolkan kesan vintage, formal, fun, bebas, dll.
Pentingnya branding dalam bisnis juga menyinggung tentang ciri khas produk atau perusahaan, jadi tidak heran apabila elemen-elemen branding sedetail gaya penulisan ini turut menjadi elemen yang penting dalam proses branding. Itu karena tujuan dari branding sendiri adalah membangun ciri khas produk atau peruahaan yang kita miliki.
-
Citra merek
Citra merek ini harus kita bangun sebaik mungkin. Melalui citra diri merek yang baik, tentunya juga menimbulkan dampak yang baik ketika kita mempromosikan merek yang kita miliki. Untuk promosi, kamu bisa melakukannya dalam berbagai bentuk dan di berbagai media. Citra diri ini dibentuk sebaik mungkin dan diterapkan dalam setiap media promosi, bisa melalui akun media sosial, situs web, dan media lainnya.
Membangun merek memang sedikit rumit, tapi tetap harus dilakukan jika ingin bisnis berkembang. Hal ini akan menunjang marketing dan bisa meningkatkan penjualan. Memang pada dasarnya semua harus diupayakan dahulu sebelum menikmati keberhasilan di esok hari.
Nah, bagaimana? Sudah mengerti tentang branding dan mengapa branding itu penting dalam bisnis, kan? Ketika kita sudah memahami ilmu tentang branding, sudah pasti kita akan lebih mudah dalam membentuk branding pada produk yang kita miliki dan akan lebih mudah untuk mengatur strategi branding yang akan dilakukan nantinya.
(Penulis: Muhammad Amir Aziz)