Buku Entrepreneur: Media Literasi Bisnis untuk Berbagai Kalangan
Buku entrepreneur merupakan jenis buku yang bermanfaat untuk memotivasi serta memberikan insight terkait dunia kewirausahaan. Buku jenis ini dapat dibaca oleh berbagai kalangan, misalnya pelajar yang bercita-cita menjadi pebisnis, atau jobseeker yang sedang membutuhkan inspirasi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan membaca buku terkait entrepreneur agar mendapat banyak ide dan wawasan kewirausahaan. Selain itu, seorang entrepreneur sendiri juga dapat menulis buku untuk tujuan media branding usahanya.
Entrepreneur sendiri secara sederhana dapat diartikan sebagai seorang wirausaha dalam bidang bisnis tertentu yang memiliki inovasi atau terobosan menarik. Beberapa orang mengartikan entrepreneur dan pengusaha adalah profesi yang sama. Namun, sebenarnya terdapat perbedaan pada keduanya yang cukup signifikan, untuk Anda yang belum mengetahuinya simak penjelasannya berikut ini.
Perbedaan Entrepreneur dengan Pengusaha.
Pengusaha sendiri dapat diartikan sebagai seseorang yang menjalani usaha dengan ide dan juga cara-cara konvensional yang sudah ada. Selain mudah ditiru, seorang pengusaha juga memiliki tujuan untuk mencapai kesuksesan dengan memprioritaskan finansial. Jadi, sektor finansial dianggap menjadi indikator kesuksesan.
Sedangkan entrepreneur memiliki perbedaan dalam hal ide, cara menjalankan bisnis, dan juga tujuan akhir. Dilansir dari hashmicro, seorang entrepreneur adalah mereka yang menjalankan aktivitas kewirausahaan dengan karakteristik dan bakat khusus dalam mengenal produk-produk baru, menentukan cara produksi yang baru, mengelola manajemen operasi untuk memasok produk baru, memasarkannya, hingga mengelola modal operasional bisnis. Dari segi pencapaian, materi bukan menjadi yang utama melainkan valuasi bisnis dan dampaknya bagi masyarakat luas.
Apa Urgensi Entrepreneur Menulis Buku?
Setelah mengetahui perbedaan entrepreneur dengan pengusaha, selanjutnya adalah mengetahui urgensi untuk menulis buku. Pada dasarnya, baik pengusaha dan juga entrepreneur “wajib” untuk menulis buku, dalam berbagai bentuk atau genre. Namun, keduanya memiliki perbedaan dari segi konten. Buku pengusaha umumnya berfokus pada perjalanan seseorang yang merintis bisnisnya hingga berada di puncak kesuksesan.
Sedangkan, buku entrepreneur dari segi konten membahas lebih dalam terkait inovasi bisnis, baik dari segi ide, cara menjalankan, dan juga tujuan akhir atau yang biasa disebut sebagai kesuksesan. Dalam buku ini juga lebih berfokus pada corporate branding sedangkan buku pengusaha, terutama dalam bentuk biografi didominasi dengan personal branding. Dapat disimpulkan bahwa urgensi entrepreneur menulis buku adalah untuk mengabadikan dan menyebarluaskan inovasinya.
Rekomendasi Tema Buku Entrepreneur Berdasarkan Jenisnya
Bagi Anda yang saat ini menjadi entrepreneur atau berminat terkait inovasi berbisnis, maka wajib mengetahui beberapa rekomendasi buku-buku entrepreneur berikut. Tema-tema yang diangkat tentu berkaitan dengan entrepreneur sehingga masih relevan untuk dibaca seorang penggiat bisnis atau orang-orang yang hanya berniat menambah pengetahuan tentang dunia bisnis.
Technopreneur
Technopreneur adalah entrepreneur dalam bidang teknologi dan informasi. Umumnya technopreneur adalah seseorang yang memiliki perusahaan start up yang bergerak pada bidang pembuatan aplikasi mobile atau marketing digital. Buku entrepreneur bertema teknologi dan informasi, cocok untuk Anda yang memiliki ketertarikan di bidang tersebut. Selain menambah wawasan, membaca buku ini juga dapat menjadi referensi menarik untuk pembuatan produk di bidang serupa.
Foodpreneur
Dari namanya mungkin Anda sudah menduga bahwa pembahasannya terkait kuliner, dan memang benar bahwa foodpreneur adalah entrepreneur di bidang tersebut. Buku entrepreneur jenis ini sudah banyak terbit di pasaran karena sekitar satu dekade terakhir ini memang bisnis kuliner tumbuh subur. Hal tersebut bersamaan dengan ramainya media sosial yang menyajikan konten kuliner dan memiliki peran menyuburkan usaha tersebut.
Seiring berkembangnya waktu, terdapat banyak inovasi yang diciptakan dan mulai melahirkan banyak foodpreneur yang sukses. Dengan kesuksesan tersebut, foodpreneur dapat mengembangkan bisnisnya ke berbagai bidang yang masih berkaitan dengan kuliner. Beberapa di antaranya juga menulis buku tentang hal itu, dan wajib Anda baca untuk menambah wawasan.
Womenpreneur
Mungkin istilah womenpreneur masih asing bagi sebagian orang. Namun, perlu diketahui bahwa memang terdapat entrepreneur yang berfokus pada perempuan atau women. Dapat dikatakan bahwa womenpreneur bertujuan untuk mengembangkan potensi perempuan dalam bidang bisnis. Oleh karena itu, banyak yang mengatakan bahwa womenpreneur adalah dari perempuan dan untuk perempuan.
Terkait dengan buku entrepreneur jenis ini, memiliki tema yang mengangkat perempuan sebagai tokoh sentral. Sisi feminin ditonjolkan untuk memberikan kesan bahwa perempuan juga dapat berinovasi dalam bisnis dan meraih kesuksesan. Buku jenis ini juga memiliki target pembaca para perempuan baik usia muda atau sudah dewasa yang ingin memperdalam entrepreneurship.
Mompreneur
Selain tema womenpreneur, terdapat satu lagi cabang entrepreneur yang menonjolkan perempuan sebagai sorotan utamanya, yaitu mompreneur. Jika womenpreneur ditujukan untuk perempuan secara umum maka mompreneur dikhususkan untuk seorang ibu. Banyak orang menganggap bahwa ketika seseorang perempuan menikah maka lebih fokus mengurus urusan rumah dibandingkan berbisnis.
Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun, pada kenyatannya banyak seorang ibu yang menjadi entrepreneur dan sukses pada akhirnya. Entrepreneurship ini memang bertujuan untuk memberikan perhatian khusus terhadap pebisnis perempuan yang kesulitan membagi waktu antara entrepreneur dan keluarga. Apabila Anda membaca buku dengan tema ini, maka Anda dapat memerhatikan kontennya, selain bisnis juga bahasan yang tidak akan jauh dari peran ibu dalam keluarga.
Ecopreneur
Selanjutnya adalah tema ecopreneur. Buku entrepreneur jenis ini cocok untuk Anda yang peduli lingkungan. Konten dalam buku bertema ecopreneur adalah gambaran tentang teknologi-teknologi ramah lingkungan yang digunakan, baik dalam produksi atau manajemen perusahaan. Selain itu, terdapat wawasan kebijakan pengelolahan limbah dari produksi. Apabila Anda bercita-cita menjadi entrepreneur maka dapat perlu banyak membaca buku dengan tema ini.
Sociopreneur
Terakhir adalah sociopreneur. Sociopreneur sendiri adalah entrepreneur yang memiliki fokus untuk menyeimbangkan berwirausaha dan kehidupan sosial. Dalam buku entrepreneur, pembahasan akan didominasi oleh beragam hal-hal yang berkaitan dengan sosial. Misalnya, inovasi kesejahteraan pekerja pada suatu perusahaan. Selain itu pembahasan mengenai dampak-dampak sosial dari usaha tersebut menjadi sorotan.
Kegiatan sosial juga menjadi agenda wajib dalam periode tertentu. Alasannya, untuk memotivasi orang lain dalam kehidupan sosial. Walaupun didominasi oleh bahasan sosial, tetapi tetap memiliki pembahasan terkait inovasi dalam berbisnis. Jadi, tidak ada salahnya untuk membaca buku dengan tema-tema bisnis dan memiliki subtema sosial.
Cara Entrepreneur Memiliki Bukunya
Di atas, sudah dijelaskan bahwa entrepreneur dan pengusaha wajib memiliki buku dengan tujuan utamnya untuk media branding. Bagi sebagian orang mungkin menulis tidak mudah, tapi dengan kerja keras maka menulis buku dan menerbitkannya bukanlah hal yang mustahil. Walaupun untuk menjadi buku yang layak dibaca perlu memakan banyak waktu dan tenaga, tetapi manfaat yang didapatkan sangat besar.
Selain dengan menulis mandiri, buku entrepreneur juga dapat terbit dengan bantuan ghostwriter. Entrepreneur dengan kesibukannya yang padat dan tidak memiliki waktu untuk menulis, dapat menggunakan jasa ghostwriter atau penulis bayangan. Tidak hanya pengusaha atau entrepreneur, pejabat publik, konsultan, dan profesi lain yang membutuhkan bantuan menulis naskah buku, dapat menggunakan ghostwriter. Jika Anda penasaran, kunjungi tautan berikut https://bit.ly/jasanulisbuku.