CEO Wajib Tahu! Pentingnya Majalah bagi Perusahaan untuk Meningkatkan Profitabilitas

Sebuah perusahaan besar tentu memiliki cara kerja yang sistematis dan kompleks. Selain itu perusahaan besar pasti memiliki banyak karyawan serta dituntut untuk bersifat transparan. Salah satu bentuk transparansi adalah terbuka terkait kegiatan dan program perusahaan. Namun untuk itu diperlukan media, misalnya majalah. Pentingnya majalah bagi perusahaan dapat dirasakan langsung baik oleh CEO atau karyawan.

Majalah yang diterbitkan perusahaan menjadi indikator bahwa perusahaan tersebut kompeten. Majalah menjadi hal penting bagi perusahaan karena menjadi salah satu bentuk penyampaian informasi dari manajemen kepada karyawan. Tidak semua perusahaan besar memiliki inisiatif untuk menerbitkan majalah terkait perusahannya, hal tersebut karena pemilik perusahaan tidak mengetahui manfaat dibaliknya.

Apa itu Majalah?

Sebelum membahas lebih jauh terkait pentingnya majalah bagi perusahaan, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu majalah, kapan penerbitannya, dan jenis-jenisnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), majalah adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik, pandangan tentang topik aktual yang patut diketahui pembaca.

Selain itu, pada KBBI turut dijelaskan bahwa menurut waktu penerbitannya dibedakan atas majalah bulanan, tengah bulanan, mingguan, dan menurut pengkhususan isinya dibedakan atas majalah berita, wanita, remaja, olahraga, sastra, serta ilmu pengetahuan tertentu. Majalah yang diterbitkan perusahaan umumnya bermacam-macam atau mix isinya, misalnya berita perusahaan, sastra, serta topik khusus yang dikemas dalam satu bentuk majalah.

Jenis Majalah yang Cocok untuk Perusahaan

Setelah mengetahui definisi majalah, maka poin ini akan membahas mengenai jenis majalah yang umumnya digunakan perusahaan-perusahaan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa majalah adalah terbitan berkala, artinya akan dicetak secara berkala, umumnya mingguan atau bulanan, itulah ciri utama pada majalah.

Semua jenis majalah diterbitkan berkala, termasuk majalah perusahaan. Majalah pada perusahaan umumnya memadukan berbagai macam topik untuk isinya, pembahasan bisa saja berkembang seiring berjalannya waktu. Pada intinya, pentingnya majalah bagi perusahaan adalah untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan itu sendiri. Berikut adalah jenis majalah yang umumnya ditemui pada sebuah perusahaan berdasarkan target pembacanya.

  • Majalah Internal Perusahaan

Majalah internal perusahaan adalah majalah yang dibuat khusus untuk internal dalam perusahan tersebut. Ciri-ciri majalah internal adalah selalu terdapat topik tentang perusahaan, misalnya sejarah pendirian perusahaan, tokoh-tokoh penting, dan prestasi perusahaan. Ciri lain adalah tidak diperjual-belikan, artinya tujuan dari penerbitan majalah ini bukan untuk mendapatkan income perusahaan.

Setiap perusahaan menerapkan kebijakan yang berbeda-beda. Suatu perusahaan bisa saja menggratiskan majalah internal untuk perusahaan. Namun, ada juga yang harus membayar dengan bentuk potongan gaji bulanan. Semua kebijakan perusahaan sudah diperhitungkan, jadi tidak ada yang merasa dirugikan. Terkadang tidak diberikan gratis agar karyawan memiliki pemikiran bahwa rugi jika tidak membaca tetapi sudah membayar. Jika demikian, CEO menyadari pentingnya majalah bagi perusahaan.

  • Majalah Marketing

Majalah marketing artinya majalah yang dicetak dengan tujuan untuk menunjang marketing perusahaan. Misalnya pada perusahaan yang memproduksi kosmetik, konsumen dapat mengetahui produk-produk apa saja yang dijual melalui sebuah majalah. Majalah ini memiliki lingkup yang lebih luas, bisa dari internal perusahaan atau dari konsumen.

Dalam majalah tersebut selain berisi topik terkait produk atau jasa dari perusahaan juga berisi testimoni dari konsumen yang telah menggunakannya. Dengan menerbitkan majalah, konsumen tidak perlu kebingungan dengan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan tersebut. Intinya, dengan membaca majalah tersebut konsumen akan tertarik. Itulah pentingnya majalah bagi perusahaan.

Pentingnya Majalah Bagi Perusahaan

Setelah mengetahui lebih dalam mengenai majalah, maka selanjutnya adalah pentingnya majalah bagi perusahaan. Perusahaan besar tentu akan mengalokasikan dana untuk penerbitan sebuah majalah, hal itu karena memang pemimpin perusahaan menyadari manfaat yang didapatkan. Majalah juga dapat menjadi sebuah jurnal untuk mencatat pencapaian sebuah perusahaan.

Jika ditanya seberapa penting majalah bagi perusahaan? Maka jawabannya sangat penting. Majalah juga berpotensi mendongrak motivasi karyawan, caranya adalah dengan memuat profil-profil karyawan yang berprestasi. Hal ini merupakan salah satu strategi pemimpin untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Terkait dengan pentingnya majalah untuk perusahaan,   berikut adalah beberapa alasan yang belum banyak diketahui pemimpin perusahaan.

  • Sebagai Bentuk Komunikasi Internal Perusahaan

Pertama, adalah sebagai bentuk komunikasi internal dalam perusahaan. Majalah perusahaan pada umumnya menyebarkan informasi tertentu dalam perusahaan kepada karyawannya. Selain itu, dapat juga berisi bacaan menarik yang memotivasi karyawan agar semangat bekerja. Majalah perusahaan juga memuat hal-hal internal perusahaan yang tidak banyak diketahui karyawan, seperti profil pendiri perusahaan.

  • Sebagai Media Informasi untuk Kegiatan Perusahaan

Pentingnya majalah bagi perusahaan salah satunya untuk menyebarkan informasi terkait kegiatan atau kebijakan perusahaan. Biasanya, terdapat rubrik khusus yang mencatat event besar pada suatu perusahaan. Hal ini bertujuan agar seluruh karyawan mengetahui terkait event tersebut. Selain itu, dapat juga narasi terkait latar belakang sebuah kebijakan. Misalnya, ada sebuah larangan merokok pada area perusahaan maka melalui majalah sebab-akibat dari hal itu dapat diperjelas.

  • Sebagai Media Pengenalan Budaya Perusahaan

Majalah juga berperan penting untuk memberikan edukasi terkait budaya dalam perusahaan. Setiap perusahaan memiliki budaya kerja yang berbeda, inilah pentingnya majalah bagi perusahaan, yaitu bertujuan agar karyawan mengetahui budaya dalam perusahaan tersebut. Hal itu dinilai penting untuk karyawan, agar proses adaptasi dan bekerja meningkat.

  • Sebagai Media untuk Mengapresiasi Karyawan

Majalah yang diterbitkan perusahaan juga dapat menjadi sebuah media apresiasi untuk karyawan. Misalnya pada majalah bulanan terdapat ruang khusus yang membahas satu karyawan yang memiliki keteladanan tinggi. Hal itu bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada karyawan yang telah berkerja keras, di sisi lain dapat memotivasi karyawan lain agar mendapat hal serupa.

  • Sebagai Sarana Marketing yang Elegan

Pentingnya majalah bagi perusahaan juga sebagai sarana marketing yang elegan. Mengapa demikian? Karena majalah dibuat penuh gambar agar menarik perhatian orang yang membaca. Hal itu menjadi salah satu strategi marketing yang menarik. Selain dari segi gambar, majalah dapat divariasikan dengan bermacam-macam hal, misalnya majalah brand parfum yang menyelipkan aroma parfum-parfum.

Itulah beberapa hal terkait majalah dan perusahaan. Majalah menjadi salah satu aspek penting untuk literasi dalam lingkup pekerjaan. Perusahaan yang besar tentu perlu menyadari pentingnya sebuah majalah bagus, baik untuk internal perusahaan atau untuk orang umum. Berbeda dengan buku, majalah diterbitkan pada periode tertentu.

Pentingnya menulis bagi perusahaan telah disebutkan di atas. Namun, terdapat satu hal yang perlu diketahui. Tidak semua pemimpin perusahaan mampu meluangkan waktu dan energinya untuk mengurus sebuah majalah. Terlebih, membuat sebuah majalah tidak mudah dan membutuhkan proses panjang. Oleh karena itu, saat ini banyak perusahaan menggunakan jasa penulis profesional karena selain praktis, hasil yang diperoleh pasti memuaskan. Berikut adalah salah satu jasa penulisan profesional

https://bit.ly/jasanulisbuku.

Bagikan Ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top