Inilah Waktu yang Tepat! Pentingnya Seorang Pengusaha Menulis Buku Mengenai Bisnisnya

Pengusaha Menulis Buku

Bukan lagi sesuatu yang baru ada pengusaha menulis buku. Sudah banyak pengusaha yang mulai menulis berbagai macam buku. Seorang pengusaha pastinya memiliki banyak ide yang tersimpan rapi di dalam otaknya, maka dari itu menulis adalah cara yang tepat untuk menumpahkan ide yang tersarang di dalamnya.

Selain itu media menuangkan ide, banyak keuntungan yang akan didapatkan ketika seorang pengusaha menulis buku. Berikut dirangkum beberapa manfaatnya ketika para pebisnis besar berbagi kisah mereka melalui buku dan apa saja langkah awal seorang pengusaha yang hendak menulis buku.

Manfaat Pengusaha Menulis Buku

Banyak penulis yang menjadikan buku sebagai sarana berkeluh kesah atas suatu fenomena, salah satunya adalah Leila S. Chudori. Beliau terkenal karena sering sekali mengangkat tema sejarah kelam Indonesia untuk novel-novelnya. Hal ini ternyata berpengaruh besar untuk anak muda Indonesia. Melalui novel-novel Leila, anak muda saat ini akhirnya semakin terbuka dengan sejarah Indonesia yang hampir saja terkubur.

Begitupun dengan pengusaha. Para pengusaha bisa menjadikan buku dan tulisan sebagai sebuah sarana berbagi ilmu serta memotivasi para pengusaha yang baru saja merintis usahanya. Jadi jangan berkata jika pengusaha tidak mendaparkan manfaat ketika ia menulis. Tentu saja semua yang akan ditulis bisa bermanfaat untuk ke depannya. Berikut dirangkum beberapa manfaat pengusaha menulis buku.

1.    Mengenalkan Dunia Bisnis pada Pembaca

Bisnis, kata yang sudah tidak asing lagi untuk semua kalangan. Semua orang bisa menjadi pebisnis, tapi tidak semua orang bisa menjalankan bisnis dengan baik. Melalui tulisan dan buku, pengusaha atau pebisnis bisa berbagi kisah tentang bisnis yang dikelola juga ilmu yang bermanfaat Melalui buku dan kemampuan seorang pengusaha, pembaca mampu mengenali bidang bisnis secara mendalam.

2.    Sebagai Media untuk Berbagi Inspirasi Pada Pembaca

Harapan seorang pengusaha adalah dapat berbagi kisah inspiratif ketika memulai suatu bisnis. Hampir semua buku motivator pebisnis didesain sebagai motivasi untuk para pejuang bisnis. Namun seorang pengusaha yang hendak menulis buku, baiknya memberikan kisah inspiratifnya yang unik dan terkesan berbeda dengan kisah pengusaha lainnya.

3.    Tulisan sebagai Tanda Nama Pengenal

Para pengusaha menulis buku umumnya akan mencantumkan identitas mereka sebagai sarana pengenalan sebelum terjun ke kisah-kisah lainnya. Melalui buku, para pegusaha bisa menjadikannya sebuah tanda pengenal karena para pembaca bisa mengingat suatu perusahaan yang para pengusaha kembangkan.

4.    Tulisan Bisa Menjadi Bahan Branding

Tentu saja, ketika menulis buku sebuah motivator, secara tidak langsung para pengusaha tersebut juga akan membeberkan keberhasilan yang telah mereka dapatkan dari seluruh kemampuan yang dimiliki. Melalui inilah, branding mengenai sosok sang pengusaha terbentuk dan akan semakin dikenal oleh banyak orang.

5.    Sebagai Wadah Berbagi Pengalaman

Sebagai seorang pengusaha, sudah pasti pengalaman hidupnya jauh lebih banyak. Pada umumnya, para pengusaha akan berbagi kisah mengenai pengalaman haru serta pengalaman yang sangat berkesan. Melalui buku, para pengusaha bisa berbagi pengalaman tersebut dan menjadikannya sebagai sebuah pelajaran untuk para pembaca.

6.    Mengenalkan Bisnis Lewat Buku, Menambah Jangkauan Customer

Pengusaha menulis buku bisa menjadi cara pengusaha menambah jangkauan customer-nya. Dalam menulis buku, ada kebebasan untuk membagikan kisah mereka dari awal hingga akhir. Maka dari itu, pengusaha bisa menceritakan tentang bisnis mereka lebih dalam dan menjadi alat untuk menggaet customer dengan jangkauan lebih luas.

Pengusaha Besar yang Telah Membagikan Kisahnya ke Dalam Buku

Pengusaha menulis buku bukan lagi sesuatu yang asing. Sudah banyak sekali para penggusaha yang membagikan kisah mereka pada dunia melalui buku. Pengusaha-pengusaha tersebut menyimpan mimpi besar dari buku yang mereka tulis, berharap siapa pun yang membacanya akan mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat. Berikut beberapa pengusaha sukses yang membagikan kisahnya ke dalam sebuah buku.

1.    Jonner Napitupuli – The Inspiring Story: Sebuah Biografi Jonner Napitupulu.

Jonner Napitupulu adalah pengusaha asal Medan, Konsul Kehormatan Polandia di Medan, serta Pengurus Kadin Suamtera Utara dan Perkumpulan Gaja Toba.

2.    Jerry Hermawan Lo – Live University: Biografi Jerry Hermawan Lo.

Jerry Hermawan adalah pendiri JHL Group untuk pengembangan bisnis property dalam negeri. Ia tercatat memiliki 30 perusahaan yang bergerak di bidang properti, seperti hotel, apatermen, dan juga kafe.

3.    Stedman Graham – You Can Make it Happen: A nine Step Plan for Success (1997).

Stedman Graham merupakan seorang penulis, motivator, pendidik, dan pengusaha asal Amerika Serikat yang sangat sukses. Selain menjadi pengusaha dan penulis, Graham juga aktif berpartisipasi dalam usaha sosial dan nirlaba yang memengaruhi kehidupan.

4.    Darwan Kiswandi – Perjalanan Pilihan Langit

Darwan Kiswandi adalah seorang pengusaha sukses yang berektor di perternakan ayam asal Siodarjo. Melalui buku ini, Darwan Kiswandi berharap kisah hidupnya bisa memberikan inspirasi kepada para pengusaha ayam dan terlebih bagi para milenial untuk tidak malu berternak.

5.    Mark Zuckerberg – Super Trik: Sukses & Kaya Raya Ala Mark Zuckerberg.

Siapa yang tidak mengenal Mark Zuckerberg? Seorang pengusaha muda kaya raya berkebangsaan Amerika. Mark Zuckerbeg merupakan pendiri aplikasi Facebook yang kini sudah mendunia. Buku mengenai kisahnya tentu saja sudah bertebaran di dunia. Baik dalam bahasa Inggris maupun terjemahan bahasa Indonesia.

Langkah Awal Pengusaha Menulis Buku

Tentu saja, menulis buku bagi pengusaha merupakan sesuatu hal yang baru karena ranah mereka hanya seputar bisnis dan marketing. Bisa jadi para pengusaha merasa sedikit kesulitan dalam memulai kalimat yang akan mereka gunakan. Itu bukanlah sesuatu yang salah dan sangat diwajarkan. Berikut dirangkum langkah awal yang bisa menjadi acuan untuk para pengusaha menulis buku.

1.    Menetapkan Target Pasar

Sebelum pengusaha menulis buku, target yang akan membaca buku tersebut harus ditentukan. Apakah untuk para pengusaha muda? Atau seseorang yang hendak memulai usaha? Hal ini penting untuk menjadi acuan dalam penulisan, terkait konten maupun gaya bahasa.

2.    Pilihlah Ide Pokok yang Akan Ditulis

Ide pokok dalam suatu cerita memang sangat penting. Para pengusaha bisa menulis hal-hal unik yang menjadikan dirinya juga bisnisnya berbeda dengan bisnis yang lain. Ini bisa menjadi poin plus dalam menggaet pembaca.

3.    Siapkan Outline/Kerangka Ketika Akan Menulis

Outline/kerangka berperan penting dalam memfokuskan penulis pada ide pokok tulisan. Outline berperan penting untuk membuat tulisan semakin bagus dan terkesan rapi tertata. Hal ini bisa juga dilakukan ketika para pengusaha menulis buku.

4.    Memakai Bantuan Jasa Menulis Profesional

Menulis merupakan sesuatu yang mudah, tetapi tidak semua orang bisa menulis dengan baik. Tentu saja, untuk seseorang yang lebih fokus pada bidang bisnis dan marketing, menulis buku pastilah sesuatu yang sedikit sulit. Maka dari itu, mencari bantuan bukanlah hal yang salah.

Pengusaha bisa mencari jasa penulisan buku pada beberapa jasa yang tersebar di Indonesia, salah satunya http://jasapenulisanprofesional.com. Jangan ragu untuk menulis sebab dengan pengusaha menulis buku, ada kisah dan manfaat besar yang dapat dibagikan ke khalayak umum.

Bagikan Ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top