Manajemen Waktu, Kunci Sukses Menulis Buku Hingga Terbit

Manajemen Waktu, Kunci Sukses Menulis Buku Hingga Terbit
Manajemen Waktu, Kunci Sukses Menulis Buku Hingga Terbit

Manajemen Waktu, Kunci Sukses Menulis Buku Hingga Terbit

Menulis merupakan hal yang sangat bermanfaat, terutama menulis sebuah buku karena dalam buku terdapat informasi yang kompleks tentang topik tertentu. Anda mungkin sudah pernah merasakan manfaat-manfaat buku yang pernah ditulis oleh orang lain, tapi bagaimana jika Anda sebagai penulisnya? Tentunya bukan hal yang tidak mungkin. Maka apabila  Anda berminat menulis buku, tentu perlu memiliki persiapan yang matang dalam berbagai hal. Persiapan dilakukan sebelum tahap Anda mengetik naskah, salah satu yang terpenting adalah manajemen waktu sebelum menulis buku.

Penulis buku tentu tidak menghabiskan waktunya hanya untuk menulis sebuah buku. Penulis buku juga memiliki kehidupan pribadi yang mencakup kehidupan sosial dengan orang terdekat seperti keluarga dan teman. Selain itu, tentu ada kegiatan atau rutinitas lain yang menuntut untuk diselesaikan dalam waktu yang sudah ditentukan. Nah, Anda perlu mengetahui bahwa penulis harus memiliki manajemen waktu yang baik agar buku yang ditulis selesai dengan waktu yang sudah ditetapkan.

  • Apa itu manajemen waktu dalam menulis buku?

Manajemen waktu dapat diartikan sebagai upaya seseorang untuk mengelola waktu. Setiap orang memiliki waktu yang sama dalam satu hari, yaitu 24 jam. Namun, kegiatan setiap orang beragam dan juga memakan waktu yang berbeda. Perlunya manajemen waktu adalah untuk menentukan sebuah target tercapai sesuai waktu yang telah ditetapkan dan juga efisien.

Terkait kepenulisan, manajemen waktu dalam menulis buku adalah kemampuan penulis untuk mengelola waktu dalam hal-hal terkait kepenulisan buku tersebut mulai dari awal menemukan ide hingga buku terbit. Hal tersebut bertujuan agar buku dapat terbit sesuai deadline dan dapat segera dinikmati oleh pembaca. Jika Anda menjadi penulis pastikan hal utama adalah membuat kerangka atau outline buku yang ingin Anda tulis, kemudian terapkan manajemen waktu di setiap pengerjaan naskah atau bab dan sub bab dalam buku Anda sebelum mulai menulis naskah.

  • Cara memanajemen waktu untuk menulis buku

Mungkin Anda bingung untuk mengawali manajemen waktu dalam menulis buku. Hal tersebut sangat wajar. Sebagai penulis atau orang yang hendak menulis sebuah buku, Anda harus mengetahui beberapa hal yang akan membuat kegiatan menulis Anda semakin efisien.  Nah, beberapa hal berikut mungkin dapat membantu Anda dalam manajemen waktu ketika akan menulis sebuah buku.

  • Menentukan Prioritas yang Jelas

Sebelum Anda benar-benar menulis pastikan Anda memiliki prioritas yang jelas. Hal ini sangat berkaitan dengan manajemen waktu dalam menulis buku. Tentunya setiap orang akan menghabiskan atau meluangkan waktu lebih banyak untuk hal-hal yang diprioritaskan. Jika Anda sudah memiliki niatan yang kuat dalam menulis buku dan sudah menjadikan hal tersebut sebagai prioritas Anda, maka Anda harus konsisten dan memberikan waktu lebih banyak daripada kegitan lain yang sedang menjadi kesibukan atau rutinitas Anda.Penentuan prioritas berguna agar waktu yang Anda habiskan tidak sia-sia dan tanpa hasil.

  • Konsistensi

Salah satu cara manajemen waktu dalam menulis buku adalah konsistensi. Anda dituntut konsisten dan berpedoman pada susunan waktu yang telah Anda tentukan di awal sebelum Anda mulai menulis naskah. Sebagian orang bisa saja merasa bosan ketika harus menulis konsisten sesuai dengan jadwal. Tapi, ketika Anda menjadi penulis yang konsisten maka secara otomatis Anda adalah pengelola waktu yang baik, hal itu berimbas pada buku yang Anda tulis akan segera terbit. Setiap penulis pastinya sangat antusisas dengan terbitnya buku yang telah ditulis dengan proses yang panjang.

  • On-time Bukan Terburu-buru

Cara manajemen waktu selanjutnya adalah On-time bukan terburu-buru. On-time atau tepat waktu bertujuan agar pengerjaan buku tetap pada jalurnya, sedangkan jika terburu-buru maka penulisan buku tidak akan maksimal. Anda perlu memperhitungkan dengan matang berapa lama pengerjaan di setiap bagian buku, dan juga seberapa lama proses keseluruhan. Anda dapat memperhitungkan durasi waktu penulisan buku menyesuaikan dengan aktivitas dan kesibukan Anda. 

  • Memahami Tingkat Kesulitan Buku

Sebelum Anda melakukan manajemen waktu dalam menulis buku, Anda harus memahami tingkat kesulitan dari buku yang akan Anda tulis. Jika ide yang Anda angkat dirasa membutuhkan banyak waktu dan juga riset untuk bahan menulis buku, maka Anda perlu lebih cermat dalam mengelola waktu untuk menulis. Semakin sulit ide atau tema dalam buku tersebut, maka Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk penulisan.

Manajemen waktu memiliki banyak manfaat, dalam hal kepenulisan terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan secara langsung. Jika menerapkan manajemen waktu dengan benar dan sesuai jadwal maka Anda akan lebih mudah mencapai target yang sudah ditentukan. Jika untuk tujuan komersil maka manajemen waktu dalam menulis buku tidak sebatas hingga buku tersebut dicetak, tetapi hingga tahap promosi untuk penjualan.

  • Membuat Kegiatan Menulis Menjadi Terstruktur 

Manfaat yang pertama adalah membuat kegiatan menulis buku lebih terstruktur. Hal tersebut karena penulis yang melakukan menajemen waktu dengan baik akan memiliki waktu untuk istirahat, beripikir, dan juga refreshing. Artinya, manajemen waktu bermanfaat secara kompleks, Anda dapat merasakannya dalam kegiatan menulis dan juga kegiatan atau kesibukan lainnya yang sedang Anda jalani. 

  • Memiliki Work-Life Balance

Secara umum manfaat manajemen waktu adalah dapat membantu Anda menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda, hal itu biasa disebut dengan work-life balance. Keseimbangan dalam pekerjaan yang dalam hal ini adalah menulis, dapat membuat Anda sebagai penulis memiliki tingkat stres yang rendah. Menulis sebuah buku bukan kegiatan yang mudah dilakukan, oleh karena itu manajemen waktu berperan besar terutama untuk menjaga keseimbangan Anda sebagai penulis dan juga peran-peran lainnya. 

  • Menjadi Disiplin

Menjadi sosok yang disiplin adalah salah satu manfaat manajemen waktu dalam menulis buku. Ketika Anda mengelola waktu dengan baik, contohnya seperti menyelesaikan naskah tepat waktu dan melakukan penyuntingan sesuai deadline, maka hal tersebut akan melatih kedisiplinan Anda dalam berbagai hal. Dengan disiplin maka Anda tidak akan mengalami banyak kesulitan dalam penulisan buku-buku selanjutnya, tidak hanya itu tetapi dalam kegiatan lain Anda juga akan terbiasa disiplin.

  • Melatih Fokus

Manfaat lain dalam manajemen waktu adalah melatih fokus. Dalam menulis sebuah buku, dibutuhkan fokus yang cukup tinggi. Ide tentu tidak selalu mengalir, akan tetapi jika Anda sudah cukup terampil dalam manajemen waktu maka akan terbiasa dan fokus Anda akan semakin tajam. Jika Anda sudah fokus pada penulisan, maka buku yang Anda tulis hasilnya akan maksimal dan memuaskan pembaca.

Itulah beberapa hal terkait dengan manajemen waktu dalam menulis buku. Manajemen waktu setiap orang pastinya berbeda, Anda harus cermat dalam mengelola dan membagi waktu untuk banyak hal. Dalam konteks menulis buku, tidak banyak yang mengetahui bahwa manajemen waktu adalah hal vital yang diperlukan. Beberapa orang hanya menulis tanpa adanya manajemen waktu dan berimbas pada buku tersebut yang akan mangkrak atau tidak segera selesai.

Bagikan Ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top