Strategi Manajemen Waktu Bagi Pengusaha yang Tepat

Strategi-Manajemen-Waktu-Bagi-Pengusaha
Strategi Manajemen Waktu Bagi Pengusaha

Seorang pengusaha membutuhkan strategi dalam menjalankan bisnisnya, salah satunya strategi manajemen waktu. Strategi manajemen waktu bagi pengusaha sangatlah penting mengingat sebagai pengusaha pastinya kita memiliki banyak hal untuk diurus atau dilakukan. Misalnya, seorang pengusaha memiliki jadwal bertemu dengan calon investor, klien, dan rapat dengan tim di hari yang sama, ia harus mengatur waktunya agar semua itu dapat dijalankan.

Jika seorang pengusaha tidak memikirkan manajemen waktunya, berkemungkinan sekali dirinya akan keteteran menghadiri semua kegiatan tersebut. Bisa jadi ada satu atau lebih kegiatan yang tidak bisa dihadiri. Oleh karena itu, penting bagi pengusaha untuk menyusun strategi manajemen waktu.

Cara Mengatur Waktu

Cara mengatur waktu berikut ini akan membantu para pengusaha untuk lebih produktif dan kegiatan pun lebih tertata. Saat dilakukan dengan baik, pengusaha tersebut pasti tidak kesulitan lagi dalam menjalankan aktivitasnya. So, yuk cek apa saja cara mengatur waktu untuk pengusaha di bawah ini!

  • Bangun Pagi

Baik pengusaha maupun orang dengan profesi apa pun, sebaiknya selalu bangun pagi. Dengan bangun pagi, kita bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk melakukan kegiatan sehari penuh. Jika kita menunda bangun, kegiatan kita bisa mundur dan jadwal akan berantakan. Pagi hari juga waktu yang baik untuk memulai kegiatan karena tubuh masih segar setelah istirahat di waktu malam.

  • Melakukan Aktivitas Rutin

Setelah bangun pagi, sangat dianjurkan untuk melakukan aktivitas ringan, seperti merapikan tempat tidur, membersihkan kamar, stretching atau olahraga ringan lainnya. Ini menjadi salah satu tips manajemen waktu bagi pengusaha karena memulai hari dengan kegiatan ringan dan rutin akan membantu orang tersebut lebih semangat menjalankan aktivitas seharian. 

  • Membuat Jadwal Kegiatan

Ketika seseorang memiliki banyak kegiatan, akan terjadi kemungkinan orang tersebut lupa akan apa saja aktivitas yang harus dilakukan. Oleh karena itu, seorang pengusaha perlu membuat jadwal kegiatan. Jadwal yang dibuat bisa berupa jadwal harian, mingguan, atau pun bulanan. Jadwal bisa berisi nama kegiatan, waktu, dan dengan siapa melakukannya. Dengan begitu, kita bisa memperkirakan waktu untuk setiap kegiatan agar kegiatan lain tetap sesuai jadwal.

  • Membuat Daftar Prioritas

Selain membuat jadwal kegiatan, kita juga bisa membuat daftar prioritas. Jadi, kita urutkan kegiatan apa yang lebih urgent untuk dilakukan terlebih dahulu. Misalnya, di satu hari kita harus bertemu calon investor, mengecek proposal yang diajukan karyawan, dan survei lokasi rumah makan untuk pertemuan dengan klien, kita bisa memprioritaskan jadwal bertemu dengan calon investor karena jika tidak tepat waktu atau dibatalkan bisa memengaruhi citra kita.

  • Mendelegasikan Tugas Kepada Karyawan

Sebagai pengusaha, kita tidak dapat memungkiri bahwa kita juga sering kesulitan mengerjakan semua keperluan. Oleh karena itu, kita bisa mendelegasikan tugas kepada karyawan yang memang kita percaya, misalnya untuk memastikan barang-barang masuk ke perusahaan. Kita bisa meminta bantuan karyawan yang sudah paham mengenai bagian tersebut. Jadi kita tidak harus turun langsung. Itulah salah satu strategi manajemen waktu bagi pengusaha.

  • Mengakhiri Hari Lebih Awal

Strategi berikutnya adalah dengan tidur lebih awal atau tidak terlalu larut malam. Dengan begitu, kita bisa memaksimalkan waktu istirahat agar tubuh kembali segar keesokan harinya. Ini agar kita bisa memulai aktivitas dengan baik di hari berikutnya. Jadi, jangan tidur larut malam dan mengabaikan jadwal kita besok hari.

Itulah beberapa strategi manajemen waktu untuk pengusaha yang bisa diterapkan. Jika kamu ingin sukses sebagai pengusaha, tentunya harus memanajemen waktu dengan baik. Setelah terbiasa dengan strategi manajemen waktu tersebut, kamu bisa saja mulai merencanakan kegiatan lain, seperti menulis buku sebagai portofolio yang bagus sebagai seorang pengusaha.

Selain itu, buku juga bisa jadi media meningkatkan personal branding dan company branding. Itu akan bermanfaat untuk pengembangan bisnismu. Namun, jika kamu kesulitan menulis buku sendiri atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk menulis, kamu bisa menggunakan jasa penulisan buku atau ghostwriter yang ada di sekitarmu, misalnya di www.ghostwriter.co.id yang memberikan jasa penulisan buku dengan proses yang cepat dan terjamin kualitasnya.

(Penulis: Fitri Finda)

Bagikan Ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top